Lompat ke konten

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS UKM

Usaha kecil menengah atau UKM adalah usaha penggerak perekonomian negara dengan kontribusinya yang sangat besar. Kontribusi yang sangat besar ini meliputi penyerapan produk domestik, tenaga kerja dan juga pemenuhan keperluan masyarakat secara luas.

Meskipun usaha ini terbilang usaha dengan skala kecil, akan tetapi mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit untuk pelaku usaha yang menggelutinya. Lalu apa saja contoh UKM yang dapat berjalan atau menjadi pilihan untuk terjun ke dalam dunia bisnis?

Usaha Kecil Menengah

Sebelum mengetahui ide usaha UKM yang dapat memberikan keuntungan besar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu UKM. UKM adalah segala jenis usaha yang mencakup usaha mikro atau UMKM.

Jenis usaha ini meliputi usaha produktif yang pelakunya adalah perorangan atau badan usaha milik perorangan. Perbedaan UMKM dengan perusahaan besar adalah dapat dengan mengetahui jumlah omset keuntungan selama satu tahun.

Indonesia adalah salah satu negara dengan pelaku UMKM terbesar, yakni sekitar 58,87 juta penduduk yang menggelutinya. Pelaku usaha kecil menengah tiap tahun selalu bertambah.

Penyebabnya beragam, mulai dari perkembangan zaman hingga jenis usaha UMKM adalah usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar. Jenis UMKM hanya membutuhkan modal tak lebih dari 50 juta rupiah.

Meskipun para pelaku usaha ini terbilang mikro dan menengah, kehadiran mereka sangat penting sebagai roda penggerak ekonomi global Indonesia.

Kelebihan UKM

Jika bersanding dengan usaha skala besar, UKM dan UMKM mempunyai sejumlah kelebihan. Anda dapat memaksimalkan keuntungan yang cukup besar dengan menggeluti bisnis ini, antara lain:

  • Cepat Berinovasi

UMKM dan UKM mempunyai kesempatan dalam mengeksekusi ide yang baru serta unik. Hal ini tentu karena cara operasionalnya tak serumit perusahaan besar.

Hanya dengan menemukan ide yang segar, maka anda dapat lebih mudah dalam merogoh pasaran dan menarik minat dari para calon pelanggan usaha kecil menengah anda.

  • Fokus Pada Satu Bidang Usaha

Kelebihan usaha ini adalah bisa lebih fokus pada bidang yang sedang anda geluti. Misalkan anda sedang menjalankan bisnis kuliner, maka usaha anda tersebut akan lebih mudah orang kenal. Sehingga akan mendapatkan pelanggan setia dengan cukup mudah.

  • Mudah Untuk Memulai

Modal kecil adalah salah satu kelebihan dari usaha ini. Sehingga, dengan modal yang seadanya, cukup untuk membuka usaha yang menguntungkan.

Kekurangan UKM

Setiap usaha yang memiliki kelebihan, tentu juga memiliki kekurangan. Kekurangan atau sebut saja kelemahan dari usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

  • Biaya Operasional Terbatas

Modal awal yang kecil akan mempengaruhi biaya operasional usaha. Apabila tak pandai mengatur dan mengelolanya, maka anda dapat gagal dalam mengembangkan bisnis ini.

  • Tenaga Ahli Yang Minim

Usaha yang anda jalankan jenis UKM ini adalah minim tenaga ahli yang profesional. Namun, karena UKM hanya mempunyai modal yang kecil, biasanya pelaku UKM tak memerlukan poin ini. Sehingga, biasanya usaha sulit untuk berkembang dengan baik.

  • Kapasitas Produksi Sedikit

Tenaga produksi dan modal yang terbatas akan menjadikan produksi juga terbatas. Sehingga, pelaku usaha tidak terlalu berani mengambil pesanan dalam skala besar.

Sumber

https://www.harapanrakyat.com/2020/08/usaha-kecil-menengah/

Inisial M D A

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *